Berharganya Kevin De Bruyne untuk Manchester City

Kevin De Bruyne telah menjadi sosok kunci di lini tengah Manchester City selama lima musim terakhir. Lahir di Drongen, Belgia, ia kerap dicap sebagai gelandang dan jiwa permainan Citizens, ciptaan Pep Guardiola. bandarq mengatakan di acara televisi Mola “Topik Hangat: Pentingnya Kevin De Bruyne”, legenda Arsenal Lee Dixon berpendapat betapa pentingnya gelandang berusia 29 tahun itu.

Di Premier League 2019/20, De Bruyne menjadi sosok yang tak tergantikan. Menit permainannya (2.791 menit) hanya kalah dari Ederson Moraes (3.071 menit). Selain mencetak 20 assist, tertinggi di liga, 13 gol hilang dari striker Gabriel Jesus (14), Raheem Sterling (20) dan Sergio Aguero (16).

Di Liga Inggris, De Bruyne memang tak bersinar di klub pertamanya, Chelsea. Pelatih the Blues saat itu, Jose Mourinho, tak memberikan waktu yang cukup bagi De Bruyne untuk menunjukkan kualitas aslinya.

Mourinho kemudian meminjamkannya ke Werder Bremen di Bundesliga. Bersama Bremen, De Bruyne hanya satu kali di belakang Bundesliga dan mampu mencetak 10 gol dan 9 assist. Meski kembali ke Chelsea, De Bruyne akhirnya ditukar ke Wolfsburg pada musim 2013/14 seharga € 22 juta.

Kesuksesan De Bruyne dimulai di Wolfsburg. Pada musim 2014/15, De Bruyne mampu membantu Wolfsburg menempati posisi kedua, di belakang Bayern Munich. Dia membantu Wolfsburg memenangkan DFB Pokal 2014/15 dan DFL Supercup 2015. Total, ia mencetak 16 gol dan 28 assist dalam 51 penampilan di semua kompetisi.

Performa gemilang bersama Wolfsburg menarik perhatian Manchester City. Klub Manchester itu kemudian menjadikannya pemain Liga Premier termahal kedua saat itu dengan transfer 75 juta euro.

Sejak mengenakan jersey biru muda, pemain setinggi 181cm ini telah mencatatkan 222 penampilan, 57 gol, dan 89 assist. Lebih lanjut, De Bruyne sudah dua kali mempersembahkan trofi Liga Primer Inggris (2017/18 dan 2018/19) kepada publik di Etihad Stadium. Sebanyak delapan trofi dipersembahkan oleh De Bruyne di City.

Potensi terbaik De Bruyne datang berkat tangan dingin Pep Guardiola. De Bruyne mengatakan kepada The Players` Tribune bahwa Pep Guardiola adalah faktor utama dalam penampilannya di Manchester City. Menurut De Bruyne, ambisi Pep mengubah mentalitas permainannya.

Pada pertemuan pertama saya dengan Pep, dia duduk dan berkata, ‘Kevin, dengarkan. Anda dapat dengan mudah bergabung dengan jajaran lima pemain teratas di dunia. Dengan mudah. “Saya terkejut.” Tapi ketika Pep mengatakannya dengan percaya diri, itu mengubah seluruh kondisi mental saya, “jelas De Bruyne.

Puncak performa pribadinya terjadi pada musim 2019/20. De Bruyne menjadi pemain terbaik Liga Inggris dan pemain terbaik PFA musim lalu dengan 20 assist dan 13 gol. 20 assist tersebut menyamai rekor Thierry Henry pada 2002/03 untuk assist terbanyak di musim Premier League.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *