Cara Cek SLIK OJK Online

Bagaimana cara cek SLIK OJK secara online? Jika ya, bagaimana caranya? Pasalnya, BI Checking yang kini sudah bertransformasi menjadi SLIK OJK mendapat skor negatif sehingga menyulitkan masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman KPR atau KTA. Tidak sedikit lho, yang pidatonya ditolak karena alasan ini. Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral di Indonesia memiliki data yang berisi riwayat kredit atau pinjaman nasabah kepada bank atau lembaga keuangan non bank.

Namun, sejak 1 Januari 2018, Sistem Informasi Debitur (SID) atau layanan BI Checking telah dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Peralihan dari Pemeriksaan BI ke OJK juga mengubah nama layanan ini menjadi Sistem Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Artinya, BI tidak lagi menyediakan layanan SID. Masyarakat yang ingin memeriksa pemulihan kredit bisa melakukannya di OJK.

Sebelum membahas cara cek SLIK OJK secara online dan solusi yang perlu diambil agar permohonan tidak ditolak akibat Cek BI atau SLIK OJK ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Sistem Informasi Debitur (SID) SLIK OJK. Sistem Informasi Debitur (SID) yang sekarang dikenal dengan Informasi Debitur (iDeb), dapat ditemukan dengan melakukan pengecekan pada sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK, dahulu bernama Cek BI.

Sebenarnya apa itu informasi debitur (iDeb)?

Sistem Informasi Debitur (SID) yang berubah menjadi Informasi Debitur (iDeb) merupakan catatan sejarah atau sejarah kredit selama peminjam berkewajiban untuk membayar angsuran pinjaman. Dengan kata lain, iDeb digunakan oleh bank atau lembaga keuangan lain untuk memeriksa apakah calon peminjam memiliki riwayat pembayaran normal atau default. Oleh karena itu, Anda sebagai orang yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit sangat perlu menjaga riwayat cicilan atau pembayaran kredit dengan cara yang terbaik.

Jangan sampai riwayat kredit Anda mendapat skor buruk sehingga bank atau lembaga keuangan akan ragu untuk mengeluarkan dana pinjaman. Kemudian Anda juga dapat memeriksa riwayat kredit atau penagihan kredit Anda di SLIK OJK. Berdasarkan definisi OJK, Sistem Informasi Informasi Keuangan (SLIK) OJK merupakan sistem yang pengelolaannya berada di bawah naungan OJK dengan tujuan untuk melaksanakan tugas pemantauan dan pelayanan informasi keuangan, termasuk memberikan informasi debitur atau IDI historis.

Cara Cek SLIK OJK Online dan Persyaratannya

Untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19, pada tanggal 18 Maret 2020 SLIK OJK dapat kita cek secara online. Cek SLIK OJK online itu mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka halaman Internet: consumer.ojk.go.id/minisitedplk/register untuk mengisi formulir antrian online.

2. Pilih jenis permintaan dan tanggal giliran. Jika tanggal yang diinginkan sudah penuh, pilih tanggal dan waktu yang tersisa. Untuk informasi tentang Kantor OJK, pilih Kantor Pusat OJK (Jakarta).

3. Lengkapi formulir profil debitur dengan informasi yang lengkap dan benar.

4. Lengkapi aplikasi dengan mengupload gambar / scan dokumen asli yang diperlukan untuk review SLIK OJK secara online.

5. Tunggu konfirmasi Bukti Pendaftaran Antrian SLIK Online dari OJK melalui email terdaftar.

6. OJK akan melakukan konfirmasi data. Jika dikonfirmasi, OJK akan mengirimkan email konfirmasi lagu SLIK online paling lambat H-2 sebelum turn date.

Jika Anda mengecek Informasi Debitur (iDeb) di SLIK OJK, Anda akan mendapatkan informasi yang meliputi data dasar debitur, pemberi pinjaman dan jumlah dana yang dipinjam. Selain itu kualitas kredit debitur (penagihan) tercatat dalam bentuk skor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *