Cara Sederhana Cek Tagihan Listrik Terbaru 2020

Lupa mencatat tagihan listrik bulan ini? Jangan khawatir, sekarang Anda dapat memeriksa tagihan listrik Anda secara online, Anda tahu! Temukan di sini seberapa cepat. Tanpa listrik, kebutuhan dasar manusia tidak akan terpenuhi. Bekerja misalnya. Di sebuah perusahaan media yang mengandalkan listrik untuk terus menggunakan baterai bekas. Tentu saja, jika tidak ada listrik, laptop mungkin tidak berfungsi jika baterai kosong. Demikian juga penggunaan listrik yang dibutuhkan setiap rumah, sebagai listrik untuk menghidupkan perangkat elektronik dan penerangan sebagai penerangan siang dan malam. Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak punya listrik di rumah atau di tempat kerja? Lumayan, bahkan di pedesaan mereka sudah banyak sekali yang menggunakan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk memudahkan konsumen, PLN telah mengembangkan sistem yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah memeriksa tagihan listrik mereka atau membayar secara online. Sebelum Anda tahu caranya, mari kita lihat jenis instalasi rumah.

Listrik prabayar

Konsep pembayaran ini adalah dengan kredit atau token. Seperti pengisian pulsa pada ponsel, semua yang nominal dicetak pada meteran listrik yang habis. Tanda ketika pulsa atau token telah kedaluwarsa adalah bunyi bip bip pada meteran listrik di rumah anda sebagai pertanda untuk anda cepat mengisi daya listrik.

Listrik pascabayar

Sistem pembayaran listrik ini ditagih setelah 1 bulan penggunaan. Sistem energi pascabayar ini adalah apa yang dapat dilihat oleh tagihan, sedangkan prabayar tidak.

Periksa tagihan listrik melalui telepon

Hubungi dengan menghubungi layanan pelanggan PLN untuk meminta tagihan listrik Anda. Nomor pusat panggilan PLN adalah 123. Ingatlah untuk memasukkan kode area saat Anda menelepon. Sebagai contoh, wilayah Jakarta berarti panggilan ke (021) -123 dan menunggu jawaban dari operator. Pusat panggilan PLN selalu tersedia 24 jam.

Cek tagihan listrik melalui SMS

Pastikan Anda telah berlangganan untuk memeriksa tagihan listrik setiap bulan. Fasilitas ini dikenakan penggantian sebesar IDR 500 (tidak termasuk PPN 10%) per pesan teks.

Cara memeriksa tagihan listrik melalui ponsel Android

Selain itu, pengguna gadget, khususnya pengguna ponsel Android, sudah bisa mengecek diri melalui aplikasi resmi PLN, yaitu PLN Mobile untuk Android.

Cek tagihan listrik untuk pengguna iOS

Pengguna Android tidak hanya manja, tetapi Anda juga memiliki akses ke App Store untuk pengguna Apple. Ada berbagai aplikasi resmi, yaitu PLN Mobile, Info Tagihan Listrik PLN dan Tagihan. Semuanya dapat diunduh secara gratis. Aplikasi yang cukup sederhana dan sering digunakan adalah PLN Mobile. Ini tidak hanya digunakan untuk memeriksa tagihan listrik, tetapi Anda juga dapat memeriksa riwayat penggunaan Anda untuk listrik kwh, transaksi token, informasi lokasi untuk pembayaran melalui m-bank dan lain-lain.

Melalui ATM, internet banking dan SMS banking

Sekarang bahkan lebih mudah untuk membayar listrik pascabayar. PLN bekerja sama dengan banyak bank, memungkinkan masyarakat untuk memberikan listrik tepat waktu melalui ATM, internet banking dan SMS banking. Pembayaran langsung ke Departemen Keuangan PLN.

Melalui e-commerce

Gunakan metode cashless sebagai metode pembayaran atau dikenal sebagai fintech. Sekarang Anda dapat membayar semuanya, termasuk tagihan listrik tanpa uang tunai di dompet Anda. Cukup buka aplikasi e-commerce seperti BliBli dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *