Perkembangan Batik Modern

Perkembangan batik terbaru Modern saat ini sangat baik baik dari jenis corak maupun cara pembuatannya. Batik ini biasanya tidak menunjukkan keunikan yang biasanya dilihat dari polanya. Namun batik ini cukup menarik untuk beberapa lingkungan.

Mungkin selama ini orang masih bingung dengan apa yang disebut dengan batik modern. Quintanova, salah satu pemerhati batik, menjelaskan bahwa istilah modern dalam konteks batik dapat dilihat dari beberapa aspek: pertama, modern dalam arti motif dan kedua, modern dalam hal teknik pembuatan.

Contoh modernisasi pola antara lain penggabungan dua motif batik dalam satu kain, seperti kombinasi kemiringan burung gagak dengan motif lereng domba. Batik kontemporer juga menggunakan motif modern atau abstrak pada kain yang diolah dengan teknik pembuatan batik.

Modern kedua secara teknis. Percetakan batik merupakan salah satu bentuk modernisasi teknis produksi batik. Namun istilah batik tulis yang dikenal masyarakat sebenarnya tidak termasuk batik karena tidak melalui tahapan produksi batik. Singkatnya, proses pembuatan batik harus melalui beberapa tahapan yaitu mendeskripsikan pola, melapisi dengan lilin, mewarnai dan terakhir proses lorot (penghilangan lilin). Tanpa proses ini tidak bisa dikatakan bahwa kainnya adalah batik melainkan hanya kain yang bercorak batik.

Inovasi teknis produksi lainnya adalah pencetakan malam, seperti yang dilakukan di desa wisata Batik Kliwonan, di mana malam yang hangat dicetak di atas kain yang longgar. Dengan proses ini sangat memungkinkan untuk memproduksi batik tulis dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat namun tidak menyimpang dari kaidah proses pembuatan batik tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *