Perut Kamu Buncit? Lakukan Olahraga Ini Secara Rutin

Hampir sebagian orang memiliki masalah yang sama, yaitu perut buncit. Tidak hanya mengganggu penampilan, memiliki perut buncit juga berdampak bagi kesehatan. Dikutip dari iosappers.com, untuk mengecilkan perut buncit bisa dilakukan olahraga kecil berikut ini.

Side Plank

Tidak seperti plank biasa, gerakan ini akan lebih menantang karena kalian harus manopang berat badan pada dua titik saja, yaitu pada kaki dan siku. Gerakan ini dapat membuat otot inti kalian terutama otot perut dan otot punggung untuk bekerja lebih keras dan maksimal sehingga postur tubuh Anda menjadi lebih ideal.

Langkah-langkah gerakan side plank:

  • Posisikan tubuh anda miring pada satu sisi, bisa kanan ataupun kiri dengan posisi siku tepat di bawah bahu dan lengan yang tegak lurus dengan tubuh
  • Luruskan dan tumpuk kedua kaki
  • Angkat pinggul yang masih menempel pada lantai sampai otot perut anda merasakan kontraksi
  • Tahan posisi tersebut selama 30-45 detik, kemudian turunkan dan ulangi kembali selama beberapa kali

Lying Leg Raise

Jika side plank tadi menggunakan posisi badan samping, maka gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh telentang menghadap atas. Gerakan ini merupakan satu gerakan yang paling menantang karena kalian harus bisa menaikkan kaki ke atas tanpa menekuknya sama sekali. Hal ini dikarenakan untuk melakukan gerakan ini dibutuhkan kekuatan besar dari otot perut.

Langkah-langkah gerakan lying leg raise:

  • Posisikan tubuh secara melentang di atas matras dengan posisi kedua kedua tangan kanan dan kiri di samping badan
  • Arahkan jari tangan kalian terbuka lebar sambil angkatlah kedua kaki kalian ke atas hingga posisi tubuh membentuk 90 derajat dengan lantai. Dan ingat, lutut tidak boleh ditekuk
  • Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, kemudian turunkan kaki kalian secara perlahan
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set, di mana tiap set terdiri dari 10 kali perulangan (naik-turun)

Bicycle Crunches

Gerakan ini mirip dengan gerakan ketika kalian sedang mengayuh sepeda menggunakan kedua kaki. Bedanya, saat kaki mengayuh secara bergantian di udara, posisi tubuh kalian sambil telentang menghadap atas.

Langkah-langkah gerakan bicycle crunches:

  • Posisikan tubuh secara telentang di atas matras
  • Angkat kepala sedikit meringkuk ke depan sehingga bagian belakang kepala sudah tidak menempel dengan matras
  • Angkat kaki setinggi mungkin hingga membentuk sekitar 45 derajat dari lantai
  • Putar tubuh bagian atas (daerah perut) ke kanan dan ke kiri serta posisi kepala mengikuti arah gerakan
  • Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang sebanyak 2-3 set

Sit Up

Dari sekian jenis gerakan, gerakan sit up inilah yang familiar bagi orang-orang, terutama saat mereka ingin memiliki perut yang kecil. Gerakan sit up memiliki gerakan yang sederhana, tapi ampuh untuk menghilangkan perut buncit jika dilakukan secara rutin.

Langkah-langkah gerakan sit up:

  • Pertama, berbaringlah di atas matras
  • Tekuk lutut kalian namun telapak kaki harus tetap menapak di lantai
  • Silangkan lengan di depan dada, atau kalian bisa meletakkan di belakang leher maupun kepala
  • Angkat bahu ke depan menggunakan otot perut kalian hingga posisi badan condong ke depan
  • Kembalikan tubuh dalam posisi berbaring dan ulangi beberapa kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *