Ternyata, Ini Lho Pengertian Sindrom Wernicke Korsakoff

Sindrom Wernicke Korsakoff ialah sebuah istilah untuk mengaitkan dua kondisi yang saling berhubungan, yaitu sindrom Wernicke atau ensefalopati Wernicke dengan sindrom Korsakoff. Pengertian Sindrom Wernicke Korsakoff (WKS) merupakan salah satu jenis kelainan otak akibat defisiensi vitamin B1 atau tiamin di dalam tubuh. Sindrom ini merupakan kombinasi atas 2 penyakit, yaitu penyakit Wernicke serta sindrom Korsakoff.

Penyakit Wernicke ialah bagian dari penyakit kelainan saraf yang dapat mengakibatkan penderita menjadi kesulitan dalam mengkoordinasikan pergerakan tubuh atau ataksia, penderita pun mengalami kelainan pada mata okularnya, serta merasakan linglung karena perdarahan otak bagian bawah, yang termasuk atau digolongkan talamus dan hipotalamus. Pengertian sindrom Korsakoff ialah kondisi kelainan mental yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi kehilangan daya ingat ataupun kondisi mental lainnya. 

Umumnya, penyakit ini merupakan adalah dua penyakit yang berbeda, akan tetapi berkaitan. Dilansir dari laman Alodokter, penyakit Wernicke sebagai suatu kondisi  akut dengan gejala yang serius, namun dalam waktu yang singkat. Sedangkan sindrom Korsakoff digolongkan sebagai kondisi yang kronis serta mampu dialami pada jangka waktu yang panjang. Apabila penyakit Wernicke diobati secara dini maka potensi terserang sindrom Korsakoff pun menjadi dapat menurun.

Beberapa gejala yang mungkin menyerang penderita sindrom ini yaitu diantaranya penglihatan ganda, kelopak mata bagian atas menjadi jatuh, gerakan mata yang ke atas dan ke bawah, timbulnya kehilangan koordinasi otot atau ataksia yang dapat mengganggu adanya fungsi berjalan, serta adanya gangguan mental atau disorientasi yang kemudian mengarah pada perilaku agresif hingga kasar.

Berdasarkan gejala tersebut, maka pengertian sindrom wernicke korsakoff juga menjadi berkembang. Apabila seseorang mengalami sindrom wernicke korsakoff maka juga memungkinkan terjadinya gangguan memori pada orang tersebut, ditandai dengan hilangnya ingatan serta ketidakmampuan untuk membentuk ingatan baru, dilihat dari gejala kesulitan memahami informasi, kesulitan dalam memasukkan kata pada konteks atau kalimat yang sesuai, munculnya halusinasi, serta mampu bercerita berlebihan atau konfabulasi berdasarkan proses ketika memori yang diingat palsu. Menurut dokter Bimanesh dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau, maka diperlukan CT scan pada kasus amnesia atau hilang ingatan untuk mengetahui cedera. 

Pemicu atau penyebab dari munculnya pengertian sindrom wernicke korsakoff juga disebabkan atas bebeberapa hal contohnya alkoholisme akan tetapi beberapa faktor berikut pun juga dapat menimbulkan terjadinya sindrom Wernicke Korsakoff, di antaranya:

  • Adanya penyakit pemicu kelaparan contohnya anoreksia nervosa, skizofrenia, maupun akibat kanker.
  • Disebakan karena adanya masalah pencernaan, contohnya radang pada dinding usus, obstruksi usus, kanker lambung maupun abses lambung.
  • Terjadinya munculnya defisiensi tiamin atau B1.
  • Akibat penyakit sistemik, seperti AIDS, tumor ganas, ataupun tuberkulosis, gagal gagal jantung kongestif, hingga gagal ginjal.
  • Pasca bedah bariatrik dapat mengimbulkan penyakit sindrom Wernicke korsakoff pada rentang 2 minggu awal. 
  • Tindakan pemotongan jaringan kulit kendor di bawah pusar juga dapat menjadi pemicunya.
  • Akibat efek samping metode pengobatan, contohnya cuci darah atau hemodialis dalam jangka yang panjang atau operasi transplantasi sel punca.
  • Iatrogenik akibat kesalahan perawatan yang dilakukan dokter.

Pemeriksaan penunjang harus dilakukan untuk melengkapi kepastian suatu penyakit. Pada pengertian Sindrome Wernicke Korsakoff maka yang perlu dilakukan oleh dokter ialah memeriksa dari pemeriksaan fisik contohnya dengan menanyakan keluhan serta mengatasi gerakan koordinasi. Pemeriksaan penunjang lain terdiri atas:

1.Pemeriksaan darah lengkap
Pemeriksaan darah dilakukan dalam rangka menilai angka glukoasa darah, kolesterol, tiamin, serta enzim Transketolase

  1. Pencitraan
    Perlu dilakukan pencitraan dengan cara pemeriksaan menggunakan alat CT scan ataupun MRI yang bertujuan melihat adanya kelainan pada organ utamanya ialah otak.
  2. Fungsi Organ 

Pada pemeriksaan fungsi ginjal dan liver maka sangat diperlukan untuk mengetahui adanya penyakit yang terjadi bersamaan dengan sindrom di atas.

Itulah teman-teman beberapa hal penting terkait pengertian sindrom wernicke korsakoff yang patut kamu tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *